Contoh Kerajinan dari Kaca Unik Bermanfaat Terbaru Lengkap

Contoh Kerajinan dari Kaca – Pada kesempatan kali ini admin akam membahas seputar contoh kerajinan dari kaca, mungkin diantara temen-temen belum tahu apa sih kerajinan dari kaca itu? Yah, mungkin kita harus memiliki sebuah pengetahuan bhakan anda juga mungkin untuk membuatnya.

Dalam berbagai peradaban, bahan kaca sering dikreasikan menjadi benda seni yang indah. Pada zaman dahulu, kerajinan kaca digunakan untuk menunjukkan status pemiliknya. Contoh kerajinan dari kaca di India dulu diperuntukkan hanya untuk raja.

Walaupun masyarakat kebanyakan hanya mengenal kaca patri atau kaca motif jika mendengar kaca hias, tapi sebenarnya masih banyak ragam kerajinan dari kaca yang ada.

Di artikel ini, kami menulis tentang beragam kerajinan dari pecahan kaca, misalnya kreasi toples kaca, lukisan botol kaca atau kerajinan dari botol C1000.

Banyak cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas kaca yang bisa dilakukan di rumah. Anda bisa dengan mudah mempraktekkan cara membuat vas bunga dari botol kaca dengan memanfaatkan botol bekas sirup atau gelas kaca yang tidak terpakai.

Contoh Kerajinan dari Kaca

Contoh Kerajinan dari Kaca
Masmufid.com

Membuat kerajinan tangan adalah hal yang menyenangkan. Apalagi hobi yang satu ini bisa membuat benda-benda tidak terpakai di rumah menjadi berguna.

Selain bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang, kerajinan kaca bisa menjadi sumber pendapatan jika ditekuni. Anda tinggal mempelajari macam macam kerajinan dari kaca dan cara pembuatannya di bawah ini.

Hiasan dari Toples Kaca

Hiasan dari Toples Kaca
Masmufid.com

Anda punya toples kaca yang tidak pernah terpakai? Sudah saatnya mengalihfungsikan toples tersebut untuk menghias rumah Anda.

Selain toples kaca, Anda juga bisa memakai gelas kaca vintage/jadul untuk membuat bermacam-macam hiasan dari kaca di bawah ini. Gelas vintage tersebut sekarang sedang tren digunakan di berbagai kafe dan bisa dibeli dengan mudah di toko.

Jika sudah mendapatkannya, Anda tinggal mengkreasikannya menjadi beragam hiasan.

Terrarium

Terrarium
Masmufid.com

Pernah dengar istilah terrarium? Terrarium adalah wadah yang diisi tanah, pasir, bebatuan, dan tanaman sehingga membentuk lingkungan tersendiri. Bagi orang-orang di luar negeri, terrarium pada awalnya digunakan untuk merawat reptil atau serangga koleksi mereka.

Nah, baru-baru ini terrarium mulai dikreasikan lebih jauh. Tidak lagi dijadikan tempat binatang piaraan, tapi dihias sedemikian rupa sehingga menjadi hasil kreasi yang cantik dan sangat pantas dipajang.

alau punya toples atau wadah kaca, Anda bisa coba mengkreasikannya menjadi terrarium seperti pada gambar di atas.

Proses pembuatannya cukup mudah karena hanya membutuhkan tanah dan tanaman kecil, yang kemudian ditata secantik mungkin.

Anda bisa mencari referensi di Google untuk melihat seperti apakah terrarium biasanya dihias, lalu mencari bahan-bahannya di toko kerajinan atau aplikasi marketplace.

Pot Tanaman

Pot Tanaman
Tasanyaman.com

Kalau tidak terlalu senang menata benda-benda kecil seperti terrarium dan lebih suka sesuatu yang simpel, Anda bisa mencoba membuat pot tanaman dari botol kaca.

Anda tinggal memasukkan beberapa batu kecil dan tanah ke dalam botol, lalu menanam bibit tumbuhan di dalamnya. Pot tanaman ini bisa ditaruh di balkon rumah Anda, atau Anda juga bisa membuat gantungannya sehingga pot cantik ini bisa ditaruh di dalam rumah

Vas Bunga

Selain cantik, hiasan vas bunga dari botol kaca sangat mudah dibuat. Anda tinggal menggunakan botol kaca kosong yang sudah bersih, mengisinya dengan air lalu meletakkan rangkaian bunga di dalamnya.

Jika Anda telaten, Anda bisa menambahkan hiasan-hiasan di botol kaca yang ingin digunakan sebagai vas bunga. Contohnya hiasan renda, benang rami, pita, ataupun washi tape

Selain itu, Anda juga bisa mengecat permukaan luar botol kaca menggunakan cat dof/matte ataupun cat berwarna metalik.

Lampu Gantung

Tasanyaman.com

Tidak hanya bisa digabungkan dengan tanaman, botol kaca juga bisa dikreasikan dengan komponen listrik. Contoh kerajinan dari kaca ini adalah untuk lampu gantung atau chandelier sederhana seperti pada gambar di atas.

Cara membuat lampu gantung menggunakan botol kaca pun sangat sederhana.

Fitting/dudukan lampu bohlam sekaligus lampunya sangat mudah ditemukan di toko listrik. Anda cukup membolongi tutup botol kaca, memasukkan kabel dari lubang tersebut, lalu menyambungnya ke fitting dan memasang lampu bohlam. Tutup kembali dan botol kaca pun sudah bisa digunakan sebagai lampu.

Anda tinggal berkreasi dalam menata botol-botol lampu yang sudah dibuat dan membuat rangka sederhana untuk menggantungnya.

Lampu Tidur

Kalau tidak mau repot berurusan dengan alat-alat listrik, Anda tetap bisa kok membuat lampu dari botol kaca.

Caranya gantilah lampu dan fitting bohlam tadi dengan lampu tumblr atau lampu LED strip. Jenis lampu ini mirip dengan lampu pada foto di atas dan sudah banyak tersedia, baik di toko kerajinan maupun di online shop.

Karena toples biasanya berukuran kecil, Anda tidak perlu membeli lampu LED strip panjang-panjang.

Enaknya lagi, jika sudah memiliki lampunya maka Anda tidak perlu menata lagi. Langsung masukkan saja ke toples dan lampu kamar dari toples kaca sudah siap digunakan.

Botol Minum Kaca

Yang ini mungkin agak sulit dibuat di Indonesia. Di luar negeri toples dan gelas kaca biasanya sudah memiliki ukuran standar (quart, half pint, pint, quarter pint) sehingga orang-orang Barat sudah mulai berkreasi dengan cara mengubah tutupnya saja.

Contoh hasil karyanya adalah seperti gambar di atas. Tutup toples kaca dibuat menyerupai tutup botol minum.

Anda tinggal mengganti tutup toples ukuran standar menggunakan tutup botol minum tersebut. Tutupnya kencang dan tidak mudah copot sehingga toples kaca bisa dibawa ke mana-mana sebagai botol minuman yang stylish.

Jika Anda memang sangat ingin mencoba kreasi kaca yang satu ini, Anda bisa mencari botol kaca dan tutup botol minumnya di Amazon atau eBay.

Botol Sabun

Sama seperti botol minum yang sebelumnya, kreasi botol kaca yang satu ini juga dilakukan dengan mengganti tutup botolnya.

Dengan mengganti tutup botol kaca menjadi kepala model pump, Anda bisa mengisi botol kaca dengan sabun cair atau sampoo.

Kaca Cantik yang Dihias dengan Metode Lukis

Kaca Cantik yang Dihias dengan Metode Lukis
Tasanyaman.com

Selain mengubah fungsi benda-benda kaca, Anda juga bisa berkreasi dengan kuas. Contoh kerajinan dari kaca berikut ini dibuat dengan menghias benda-benda kaca menggunakan metode lukis.

Gelas Lukis

idak ingin meja makan Anda sepi dan biasa saja? Anda bisa berkreasi dengan memberi motif atau gambar pada gelas-gelas di rumah.

Tidak perlu bingung jika Anda tidak pandai melukis karena motif yang sederhana pun akan terlihat cantik pada gelas kaca. Anda cukup menggunakan kuas kecil dan cat minyak untuk membuatnya.

Botol Lukis

Botol Lukis
Tasanyaman.com

ika tidak ingin mengubah tampilan peralatan makan, Anda bisa menggunakan botol kaca untuk dekorasi rumah. Cukup gunakan botol kaca kosong dan lukis permukaannya.

Kalau belum cukup, Anda juga bisa menambahkan fitting bohlam kecil dan memasukkannya ke dalam botol seperti pada kerajinan botol gantung yang sudah dibahas tadi.

Tempat Pensil

Salah satu kreasi dari kaca yang paling mudah adalah menggunakan gelas kaca sebagai tempat pensil. Supaya lebih cantik, Anda bisa melukis motif-motif sederhana di permukaannya.

Dengan begini meja belajar atau meja kerja Anda akan terlihat lebih menarik.

Kreasi dari Kaca Menggunakan Bahan Limbah Kaca

 

Kreasi dari Kaca Menggunakan Bahan Limbah Kaca
Tasanyaman.com

Contoh dari kaca yang satu ini sudah naik tingkat dari kreasi-kreasi kaca sebelumnya. Tidak sekedar memanfaatkan benda kaca yang sudah ada, tapi Anda sebenarnya juga bisa membuat beragam benda kerajinan dari limbah kaca.

Kaca yang sudah tidak terpakai biasanya hanya dibuang dan tidak berharga, tapi dengan keuletan dan keterampilan sebenarnya masih bisa diolah menjadi kerajinan yang memiliki nilai seni. Sudah banyak pengrajin yang membuktikan hal tersebut.

Dari limbah kaca yang nyaris gratis akan menjadi kerajinan berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah jika diolah. Apalagi jenis kerajinan ini memiliki potensi ekspor yang bagus. Jika sudah memiliki pelanggan dari luar negeri, harga yang ditawarkan bisa lebih tinggi lagi.

Walaupun butuh latihan dan keuletan, tapi pembuatan kerajinan limbah kaca cukup sederhana. Bahan limbah kaca yang sudah didapat tinggal dipotong menjadi persegi kecil. Potongan-potongan kaca kemudian ditempelkan ke guci atau vas dari gerabah.

Jika sudah terampil, maka Anda pun bisa mulai membuat berbagai macam motif pada kerajinan ini.

Kaca Seni dari Teknik Grafir

Kaca Seni dari Teknik Grafir
Tasanyaman.com

Kalau tadi kami sudah membahas teknik lukis, contoh kerajinan dari kaca kali ini dibuat menggunakan teknik grafir. Pengrajin mengukir/menggores permukaan kaca sehingga permukaannya berubah menjadi buram.

Dengan keterampilan dan kreatifitas, goresan-goresan yang dibuat bisa menjadi pola gambar yang indah.

Grafir Manual

Kerajinan grafir yang cukup populer adalah seni grafir pada akrilik (plastik kaca). Karya seni satu ini biasanya dibuat menggunakan alat grafir manual yang bisa digenggam. Pengrajin akan menggunakan alat tersebut untuk menggores permukaan akrilik dan membuat lukisan grafir.

Biasanya contoh kerajinan dari kaca yang satu ini digunakan untuk membuat lukisan wajah. Kebanyakan pelanggan memesan wajah pasangannya sebagai hadiah ataupun wajah idola untuk dipajang di rumah.

Anda bisa membaca lebih jauh tentang beragam hasil karya grafir melalui tautan berikut: SENI GRAFIR.

Grafir Sandblast

Berbeda dari grafir akrilik yang menggunakan alat yang berbentuk seperti pena, kaca grafir menggunakan teknik sandblast untuk menggores permukaan kaca.

Contoh kerajinan kaca dengan teknik ini paling sering digunakan sebagai kaca hias untuk rumah ataupun masjid.

Teknik sandblast berbeda dari alat grafir manual karena sandblasting dilakukan dengan cara menembakkan pasir khusus ke permukaan kaca. Teknik ini biasa digunakan jika pengrajin membutuhkan pengerjaan yang cepat dan perlu membuat pola yang luas.

Seni Kaca Patri untuk Ornamen Kaca Jendela

Kaca patri paling terkenal sebagai kaca masjid atau kaca hias jendela rumah. Jenis kerajinan kaca ini bahkan lebih populer dari kaca grafir.

Kaca Patri di Eropa

Pada awal kemunculannya di Eropa, kaca patri dikenal juga sebagai kaca kembang atau rose window. Penggunaan utama kerajinan dari kaca ini adalah sebagai kaca gereja.

Karena karya seni merupakan salah satu alat untuk menunjukkan status, kaca patri di Eropa dibuat dengan sangat megah dan berukuran raksasa. Sampai sekarang pun masih banyak karya kaca patri zaman dulu yang masih bertahan di katedral dan gereja besar Eropa.

Kaca Inlay di India

Berbeda dari daerah Eropa yang menggunakan kaca patri untuk urusan keagamaan, kaca hias yang masyhur di India adalah jenis kaca inlay.

Saking tingginya statusnya, kaca hias yang satu ini hanya dipersembahkan untuk raja saja. Hal ini bisa dilihat pada banyaknya istana-istana raja India yang memiliki dinding dari kaca hias.

Berbeda dari daerah Eropa yang menggunakan kaca patri untuk urusan keagamaan, kaca hias yang masyhur di India adalah jenis kaca inlay.

Saking tingginya statusnya, kaca hias yang satu ini hanya dipersembahkan untuk raja saja. Hal ini bisa dilihat pada banyaknya istana-istana raja India yang memiliki dinding dari kaca hias.

Sementara di Indonesia, dulu kaca patri hanya digunakan pada rumah bangsawan atau juragan saja karena harganya yang sangat tinggi.

Harga kaca patri yang mahal tersebut tentu bukan tanpa sebab. Pembuatan kaca hias ini membutuhkan keterampilan yang tinggi dan bahan-bahan yang mahal harganya.

Walaupun memiliki banyak pengrajin kaca patri, Indonesia sayangnya belum bisa memproduksi bahan kaca patri yang kualitasnya tinggi. Sampai sekarang pun bahan kaca patri yang terbaik masih harus di-impor dari Amerika.

Semakin rumit motif kaca yang diinginkan, bahan yang dibutuhkan semakin banyak dan pengrajin yang menggarap harus semakin terampil juga. Itulah yang menyebabkan tingginya harga kaca patri.

Selain sekedar menggunakan rangka logam dan kaca warna, biasanya kaca patri di Indonesia juga menggunakan teknik bevel kaca. Bevel kaca merupakan pemotongan tepian kaca sehingga memiliki sudut tertentu.

Dengan bevelling kaca, bahan kaca patri akan memiliki kilauan yang beragam walaupun warnanya sama. Karena proses bevel kaca sendiri sekedar mengikis pinggiran kaca, harga bevel kaca biasanya tidak semahal harga pembuatan kaca patri.

KESIMPULAN SINGKAT

Nah itu tadi beragam contoh kerajinan dari kaca. Ada banyak kreasi kaca bertipe DIY (Do-It –Yourselfcraft yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Jika Anda memiliki ketertarikan lebih terhadap bidang ini, ada kerajinan-kerajinan kaca yang bisa diperdalam dan memiliki nilai ekonomi seperti seni grafir kaca dan seni kaca patri.

Untuk melengkapi rangkaian artikel tentang seni kaca, pada artikel berikutnya kami akan menulis tentang Seni Lukis Kaca.

  • Pembaca juga mencari:
  • kliping kerajinan kaca buat pelajar
  • contoh kerajinan kacad
  • kerajinan apa saja yang dibuat dari kaca
  • kerajinan dari kaca bekas
  • kerajinan kaca
  • kerajinan kaca alat baha
  • kliping kerajinan kaca

Kerajinan sudah sejak lama berkembang di Bali, dengan beragam bentuk dan bahan yang digunakan. Salah satu industri kerajinan yang berkembang adalah kerajinan kaca “Putera Bali Glass” beralamat di Br Maspahit, Desa Keramas, Gianyar. Proses pembuatannya menggunakan teknik tiup dan teknik cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberadaan, proses pembuatan jenis-jenis produk kerajinan kaca.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah perusahaan “Putera Bali Glass”, Desa Keramas, Gianyar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis domain dan taksonomi.

Penelitian ini menunjukan bahwa keberadaan kerajinan kaca “Putera Bali Glass”, dimulai sejak tahun 2002 yang diawali oleh Bapak Ida Bagus Suarjana. Alat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan kaca antara lain: tungku pelebur, oven pendingin, sedangkan bahan yang digunakan antara lain: kaca dan pewarna.

Proses pembuatan kerajinan kaca menggunakan teknik tiup dan teknik cetak. Proses tektik tiup meliputi: pembersihan kaca, peleburan, pengambilan kaca yang sudah dilebur, pewarnaan, peniupan dan pembentukan global, pembentukan ditail, pendinginan, dan finising. Sedangkan proses teknik cetak meliputi: pemotongan kaca, menaruh kaca diatas cetakan, peleburan, pengangkatan kaca dari cetakan, finising.

Jenis produk kerajinan kaca yang dibuat dengan teknik tiup antara lain: bola lampu, botol wine, vas bunga, teko (juge), gelas ice cream, aquarium.

Sedangkan jenis produk kerajinan kaca yang dibuat dengan teknik cetak antara lain: piring Frangipani, piring daun, mangkok tangga, tempat sabun.
Kata Kunci : Kerajinan, kaca, proses

Kerajinan kaca memang beragam bila dilihat dari proses dan hasilnya. Seperti Supardi (45 tahun) yang memilih untuk membuat kerajinan dari limbah kaca di Jember. Supardi merupakan satu-satunya yang membuat kerajinan limbah kaca di desa Sidodadi kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Sebelumnya, Supardi merupakan seorang karyawan bengkel bubut kayu di Bali dan sekarang menjadi pembuat kerajinan limbah kaca yang telah tersebar di beberapa daerah di Jawa-Bali.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tentang teknik pembuatan kerajinan limbah kaca disertai proses pembuatan kerajinan limbah kaca dari mulai pemilihan alat dan bahan baik bahan baku utama atau bahan penunjang lainnya dari awal hingga terbentuk sebuah karya kerajinan limbah kaca. Nilai estetik bentuk kerajinan limbah kaca Supardi dijabarkan melalui unsur kesatuan (unity), kerumitan (complexity), dan kesungguhan (intencity).

Kesatuan, kerumitan, dan kesungguhan karya kerajinan limbah kaca Supardi dapat dilihat mulai dari proses pembuatan, bentuk masing-masing karya, dan perpaduan warna. Semua itu menghasilkan karya yang indah, halus, rapi, dan memiliki nilai guna serta nilai jual.

Leave a Reply